JUAL SSH UNTUK INTERNET UNLIMITED HANYA 20.000 / BULAN, JOIN GRUP INTERNET SOLUTION

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda Disini

Loading...

Monday, 5 November 2012

Memulai Windows 8

Windows 8 merupakan salah satu sistem operasi baru yang dirilis oleh Microsoft yang memiliki segudang vitur-vitur canggih. Windows 8 merupakan sebuat System Operasi yang memang dibuat untuk kemudahan dan kenyamanan dalam hal pengoperasian. Namun kemudahan ini akan membingungkan bagi Anda yang baru saja menggunakan Windows 8. Untuk menghindari kebingungan yang terjadi setelah Windows 8 selesai Anda install kedalam PC/NoteBook Anda, maka berikut Saya hadirkan beberapa tips utama dari Windows 8 agar anda bisa memulainya dengan mudah.

1.      Metro: Langsung ketik itu!

Pertama  kita akan mulai dengan trik yang mudah. Jika Anda menggunakan Metro UI (User Interface)  pada Windows 8 dan ingin mengupload aplikasi, jangan gerakkan mouse di  layar atau scroll mouse, tapi langsung saja ketik! Anda tidak perlu  mencari tombol pencarian atau yang lainnya sebab Windows 8 akan mencoba  untuk menemukan apapun yang Anda ketik, misalkan itu “Solitaire” atau  “Control Panel”.

2.      Screenshots sangat menyenangkan dan serbaguna.
Microsoft  akhirnya telah membuat cara yang super mudah untuk membuang konten pada  screen down untuk sebuah image file. Pertama Anda klik key Print Screen  untuk meng-copy konten, tapi Anda masih harus paste pada image pada  aplikasi lainnya. Setelah itu buka Windows Key dan Print Screen secara  bersamaan untuk membersihkan seluruh layar Anda pada file PNG dalam  gambar folder. Mudah!

3.      Jangan Upgrade!
Ini  adalah panduan untuk menginstal Windows 8, dan jangan mengupgrade  Windows 8 pada sistem operasi yang sudah ada. Jika hal ini Anda lalukan  maka ada potensi yang tidak kompatible pada perangkat lunak, game dan  aplikasi “test version” di Windows 8. Ada baiknya Anda baca buku panduan sebelum menginstal Windows 8.

4.      Hot Corner adalah teman Anda.
Microsoft  meninggalkan beberapa navigasi kasat mata di empat sudut layar Anda,  dan jika Anda menempatkan mouse maka Anda akan melihat menu tersebut.  Menu di pojok atas dan bawah untuk mengakses Charm Bar: Search dan  Sharing capabilities.  Di pojok atas dan bawah sebelah kiri untuk  mengakses “Switch List” seperti Anda menekan kombinasi tombol alt dan  tab pada keyboard.

5.      Hotkey adalah teman anda juga.
Kecuali  Anda menggunakan PC dengan layar sentuh, navigasi antar muka dengan UI  Metro bisa sangat membosankan. Jadi jangan gunakan mouse Anda, cukup  gunakan keyboard Anda. Berikut beberapa hotkey:
Windows Key + Tab – untuk membuka “Switch List”.
Windows Key + C – untuk membuka Charms Bar.
Windows Key + I – untuk membuka Setting Menu.
Windows Key + T – untuk kembali ke Deksktop Mode dan membuka kembali menu taskbar.
Windows Key + Shift + . – untuk membawa aplikasi di kiri, tengah atau sisi kanan pada layar.
Windows Key + M – untuk ke Desktop dan meminimalkan semua aplikasi.
Windows Key + Q – untuk membuka pencarian global Windows 8 melalui Metro.

6.      PC Setting Panel adalah teman terbaik Anda.
 Anda  dapat memilih dan mengkonfigurasi Windows 8 untuk konten Control Panel  dan menu setting Metro yang baru, yang bisa Anda akses melalui setting  option Charms Bar. Di sini Anda dapat menyesuaikan sreen backgorund yang  terkunci, warna Metro, pemberitahuan dan nama-nama perangkat yang  terpasang serta banyak lagi pilihan penting lainnya.

7.      Windows 8 lawan kerusakan.
 Jika  Anda sudah menginstal dan mulai menjalankan Windows 8 tapi sistem  operasinya tidak berjalan dengan baik atau ada yang rusak, maka Anda  tidak perlu menginstal ulang. Klik tab General pada menu “More PC  Settings” lalu “Refresh” strip option pada aplikasi  yang sudah diinstal  dan kembali pada setting factory-default untuk menjada file tetap  digunakan. Jika Anda memilih “Reset” akan menghapus sistem operasi Anda  dan mengembalikan sistem Anda ke setting factory-default Windows 8.

8.      Memungkinkan untuk Save Mode
Berbicara  mengenai bencana pada komputer, jika Anda ingin reboot sistem pada Save  Mode maka Anda tidak bisa hanya dengan menekan kunci F8 untuk loading  Windows 8: pertama kali Anda harus memungkinkan Safe Mode sendiri.
Ketik  “cmd” pada Metro Ui Anda, klik kanan mouse Anda pada app Command Prompt  (disebut “cmd”) lalu pilih sebagai administrator. Lalu ketik “bcdedit /  enum / v” pada layar commad prompt dan tekan Enter. Salin seluruh  konten untuk entry “Windows 8 Consumer Preview” bukan “Windows Boot  Manager.” Lalu ketik command prompt berikut ini: bcdedit / copy  youridentifierstring /d “Windows Developer Preview (Safe Mode) dan tekan  Enter, setelah itu ketik “msconfig” dan tekan kembali Enter.
Klik  pada tab “Boot” dan pilih entry “Windows Developer Preview (Safe  Mode).” Klik “Boot,” maka semua pengaturan Boot menjadi permanen, klik  OK dan klik “Yes.”

9.      Menjadi administrator super dengan satu klik
 Inilah  kabar gembira yang tersembunyi pada Window 8: pindahkan kursor mouse  anda di pojok kiri bawah dari Windows 8 Metro atau Desktop mode sampai  muncul thumbnail to-be-swicthed-to. Klik kanan pada mouse Anda , Anda  akan menarik sebuah menu yang memberi jalan pintas ke banyak pilihan  termasuk Command Prompt, menu Sistem dan sebagainya.

10.  Cara cepat Uninstall aplikasi
Jika  Anda mencari cara yang cepat untuk membuang aplikasi pada Windows 8  Anda, cukup klik kanan pada ikon app dalam Metro UI dan pilih  “Uninstall.” Dan aplikasi itu akan menghilang dengan mudah.

11.  Benci Metro?
Inilah  salah satu bagian yang menyenangkan. Buka Windows Explorer dan  navigasikan pada Windows direktori. Lakukan pencarian untuk “shows  desktop,” dan copy shortcut pada lokasi:  C:\Users\username\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start  Menu\Programs\Startup. Dengan begitu, Anda akan bahwa Windows 8 selalu  boot pada “Classic Desktop” melalui Metro UI.

12.  Benci Password?
 Pasword  itu penting, terutama jika Anda menggunakan Windows 8 untuk berbagi  file melalui jaringan. Untuk file penting dan direktori, tentunya Anda  ingin memastikan bahwa hanya Anda yang bisa mengakses file pada sistem  Anda. Dan jika Anda ekstra hati-hati, Anda harus mengunci setiap kali  Anda melangkah jauh dari komputer Anda.
Tetapi  apakah Anda suka untuk mengetik pasword setiap kali booting komputer  Anda? Tentu tidak. Anda bisa menghilangkan beberapa proses, tapi tetap  menggunakan password untuk melindungi bagian Windows 8 Anda, dengan cara  melakukan kombinasi Windows Key dan “R” kemudian mengetik “netplwiz”  untuk Run windows dan tekan enter. Anda harus memasukkan user name dan  password untuk menggunakan komputer dan klik OK.

13.  Terhubung Konsol Game
Versi  terbaru sistem operasi Windows menampilkan fitur untuk terhubung pada  Xbox 360 Anda. Windows 8 memungkinkan Anda untuk meluncurkan game pada  Xbox 360 dari PC Anda, idealnya sama dengan bermain game pada PC yang  terhubung langsung dengan Xbox 360. Untuk menghubungkan PC Windows 8  dengan Xbox 360, klik pada aplikasi “Xbox Companion” pada start menu  Windows 8 untuk memulai proses yang mudah.

14.  Task Manager yang menakjubkan.
 Salah  satu upgrade yang lebih baik adalah Task Manager. Ketik “Task Manager”  di Metro, kemudian klik pada link “More Details” di bagian bawah,  nantinya program Task Management akan tampil baru.
Yang  paling menarik adalah tab “Performance” yang dapat Anda gunakan untuk  melihat 60 detik terakhir  dari sistem CPU, Memory, Disk atau penggunaan  jaringan. Selain itu ada juga tab”App History” dan tab “Startup” untuk  mengaktifkan dan menonaktifkan aplikasi.

15.  Password visual
 Ini  merupakan sistem keamanan yang baru pada Windows, klik Setting pada  Charms Bar Windows 8, lalu klik “More PC Setting.” Klik “User” dan pilih  opsi untuk membuat pasword gambar. Anda bisa memilih gambar apapun,  Anda juga bisa mengkombinasi dengan gerak tubuh.

16.  Default aplikasi untuk Bypass Windows
Beberapa  aplikasi yang jarang Anda gunakan pada Metro UI Windows 8, solusinya  dalah ketik “default programs” pada Metro UI Windows 8 dan klik pada  link yang muncul. Pilih “Set your default programs” dan masing-masin  gprogram akan memberitahu Anda berapa banyak ekstensi yang dapat  terbuka.
17.  Mengatur Thy Tiles
 Anda  dapat mencampur, mengelompokkan atau mengubah ukuran ikon sesuka Anda.  Jika Anda ingin memindahkan tile, geser mereka lalu klik pada ikon  pembesar di pojok kanan bawah lalu pindahkan, tapi Anda harus  memindahkan satu persatu.

18.  Dimana Driver Anda?
 Jangan  lupa untuk menginstal driver perangkat Anda pada konfigurasi Windows 8.  Driver yang paling penting pada motherboard Anda seperti, driver video  card akan install uptodate pada sistem Windows 8 dan berabagi driver  lainnya. Sebab produsen perangkat tidak semuanya ada dalam sistem  operasi Windows 8.

19.  Syn Up
Windows  8 memungkinkan Anda untuk menyinkronkan sistem pengoperasian ke semua  akun pihak ketiga. Yang paling penting adalah dapat menghubungkan Anda  dengan Microsoft Account, yang dapat Anda lakukan dengan menu Setting PC  (Charms Bar . Setting . More PC Setting). Dengan begitu Anda bisa  memuat tema, setting, bahasa dan settingan aplikasi.
Selain  itu Anda dapat mengintegrasikan Hotmail, Linkedin, Google, Facebook dan  akun Twitter dengan Windows 8 dan jika Anda berhasil Anda bisa chatting  dengan Facebook dan Windows Messenger melalui aplikasi Messaging.

20.  Shut Down!
Salah  satu fitur Windows 8 yang aneh adalah tombol shutdown berada dalam  Metro UI. Anda juga bisa beralih ke mode Desktop dan menekan alt+F4  untuk mematikan PC Anda, selain itu Anda juga bisa membuat ikon shutdown  yang berfungsi sama seperti di Metro.
Untuk  mode Desktop, klik kanan pada desktop dan buat shortcut baru. Untuk  “location” Anda ketik sebagai berikut: shutdown.exe-s-t 00, lalu Anda  bebas menamai shortcut. Setelah itu jalankan Windows explorer dan  pindahkan shortcut ke C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start  Menu\Programs directory. Lalu kembali ke antarmuka Metro dan Anda akan  melihat tombol Shutdown muncuk dengan tile baru, klik sekali dan sistem  Anda akan mati.

5 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    ReplyDelete
  2. Sempat mencoba Windows 8. Tapi pada akhirnya kembali lagi ke OS X.

    ReplyDelete
  3. misi gan klo laptop gue kan dell tp tidak menyediakan driver buat windows 8 cuma untuk versi win 7 64 bit ada solusi nga' cara install drivernya apa bisa berpengaruh terhadap windowsnya nanti....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Driver masih sama / compatible dengan windows 7
      Ane sudah coba di laptop, semuanya OK.

      Delete
    2. makasih bro jadi kagak ragu mo menginstallnya, nih blog yang paling ok punya cpet respon, salah satu link bookmark qu sekarang....semoga jaya selalu

      Delete

Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang berbau SARA akan di HAPUS / DELETE.
Komentar akan muncul setelah mendapat persetujuan dari Admin Anak Rantau.