JUAL SSH UNTUK INTERNET UNLIMITED HANYA 20.000 / BULAN, JOIN GRUP INTERNET SOLUTION

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda Disini

Loading...

Monday, 30 May 2011

Memilih NetBook atau NoteBook/Laptop

acer4736g2Istilah laptop muncul seiring dengan adanya istilah Notebook. Dikatakan laptop karena lebih mengacu kepada perilaku pengguna Notebook tersebut yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha atau memangku. Kata ‘Lap’ merupakan bahasa Inggris yang artinya ‘pangkuan’.

Trus kalo Netbook, apalagi itu???Netbook merupakan istilah baru yang diluncurkan Intel pada Februari 2008. Istilah ini ditujukan untuk kategori notebook berukuran kecil, ringan dan fungsionalitas yang mencukupi. Netbook bisa disebut sebagai versi laptop lebih kecil.

Perbedaan Notebook dengan Netbook

Ukuran Layar

Dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas : 7 – 10 inci, kalau Notebook ukuran layar nya 11-17 inci. Netbook tidak akan dibuat apabila layarnya melebihi 10 inci.

Spesifikasi Hardware

Spesifikasi hardware antara netbook dengan notebook berbeda. Biasanya, netbook menggunakan prosesor Intel Atom, VIA C7 yang hemat energi. . Netbook biasanya dibekali Ram 512mb-1gb untuk mendukung performanya. Netbook biasanya sudah dibekali peralatan untuk berinternet dengan nyaman dengan menyertakan wi-fi dan bloetooth. Sedangkan notebook biasanya menggunakan prosesor yang lebih kuat seperti, Pentium Dual-core, Core2 Duo. Ketersediaan input dan output device di Netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih kecil, Netbook tidak memiliki Optical Disk Drive dan hanya mengandalkan slot USB.

Daya Tahan Baterai

Pada umumnya notebook hanya mampu hidup dengan baterai selama 1 – 3 jam. Sedangkan Netbook mampu bertahan antara 3-5 jam. Karena hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibanding notebook.

Ada juga istilah Nettop. Nettop adalah versi desktop (komputer meja) yang lebih mini. Di sini juga ada penekanan pada akses internet yang wajib ada. Netbook dan nettop merupakan proyek Intel untuk memberi akses komputer di negara berkembang.

Jika anda berminat membeli sebuah NetBook atau Laptop, sebaiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Tentukan budget yang anda punya dan juga akan digunakan untuk apa laptop atau notebook anda (untuk keperluan kantor, kuliah, game, atau desain.)

2. Ukuran, jika anda mobile dan hanya menggunakan komputer secara basic bisa membeli netbook 10-11 inch, sedangkan bila anda menggunakannya sebagai pengganti komputer anda lebih baik memilih yang minimal 14 inchi.


Dan saat ini beberapa produsen menjual laptop CULV (Consumer Ultra-Low Voltage) yang sangat tipis. Bila anda ingin bergaya laptop ini cocok untuk anda, tetapi untuk performa masih dibawah laptop standar.


Jadi pertimbangkan kebutuhan anda dulu apakah untuk gaya, mobile, atau pengganti desktop komputer.


3. Rencanakan ke depan. Prosessor laptop anda tidak akan bisa diupgrade, jadi pilih yang cukup cepat untuk mendukung aktivitas anda minimal 1 tahun kedepan.


Memilih Laptop dengan Slot DDR3 juga patut diprioritaskan, meskipun saat ini harganya lebih mahal.


4. Seimbangkan performa laptop anda, cukup sering saya melihat teman atau kerabat saya terobsesi untuk membeli prosessor yang terbaru, namun mereka lupa untuk memilih memori yang seimbang. Anda minimal membeli laptop dengan RAM 2 gigabyte – 4 gigabyte.


Jika anda merencanakan untuk menggunakan RAM lebih dari 4 GB, pastikan anda menggunakan Sistem operasi 64bit, karena RAM anda hanya akan terdeteksi 4GB di OS 32bit.


5. VGA card / kartu grafis, banyak orang yang membeli laptop hanya memperhatikan prosessor tapi kemudian menyesal saat laptopnya lambat saat menonton film, bermain game, atau mengedit gambar. Pemilihan VGA juga sangat vital karena untuk laptop yang beredar saat ini tertanam di motherboard dan tidak bisa diupgrade.


Untuk penggunaan sedang Intel GMA4500 sudah cukup untuk basic gaming, menonton film, dan dvd, biasanya kartu ini akan share memory dengan memory laptop.


Sedangkan chipset dengan NVIDIA atau ATI ditujukan untuk gaming yang lebih baik, dan editing video dan gambar, VGA chip ini menggunakan dedicated memory sehingga tidak akan mengurangi memory laptop anda.


Note: Jangan pernah membeli laptop dengan chip VGA yang murahan, contoh SIS Mirage 2 / Mirage 3 atau S3. Beberapa laptop lokal menggunakan chip VGA ini untuk menekan harga, dan pemakaian kartu ini sangat mengecewakan bahkan hanya untuk menonton DVD performanya sangat jelek.

6. Prioritas pada merk branded. Infoteknologi.com tidak anti merk lokal, tapi pada kenyataannya servis purna jual merk branded lebih baik dan bertanggung jawab. Jadi jika anda ditawarkan 2 laptop dengan spesifikasi yang sama namun harganya tidak berbeda jauh (100-300 ribu) sebaiknya memilih merk branded untuk menghindari kepusingan dimasa depan.

7. Windows shopping. Terakhir, bila anda sudah menentukan merk, tipe, dan spesifikasi yang anda inginkan; cari toko dengan penawaran yg lebih baik, jgn langsung membeli, namun lakukan riset dahulu ke toko lain.

2 comments:

  1. gan laptop ane dri awal beli bs bertahan baterainya 1 setengah jam. laptop acer core i3 tipenya aspire 4739.... gmn pendapat agan

    ReplyDelete
  2. ya masa cuman 1,5jam
    biasanya bisa 3-4jam

    ReplyDelete

Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang berbau SARA akan di HAPUS / DELETE.
Komentar akan muncul setelah mendapat persetujuan dari Admin Anak Rantau.