“Everybody in this country should learn to program a computer, because it teaches you how to think.”

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda Disini

Sunday 14 April 2013

Cara Masuk Safe Mode di Windows 8

Secara default safe mode windows 8 tidak di aktifkan oleh microsoft. Kita mungkin sudah terbiasa menekan tombol F8 untuk memunculkan menu booting sejak windows 2000 sampai windows 7. Dan masih bisa menghitung lamanya booting berlangsung lalu menekan tombol F8 dengan petunjuk yang diberikan seperti pada gambar di samping ini. Tapi semua itu sudah berbeda di Windows 8 dengan waktu booting yang semakin cepat. Jadi, jika sobat ingin masuk ke Safe Mode di Windows 8, sobat perlu menggunakan cara yang berbeda. Tidak lewat Advanced Boot Options lagi tapi pertama harus lewat System Recovery Options-nya Windows 8. Hampir sama pada versi Windows sebelumnya hanya tampilan sekarang lebih elegan dan perlu mengklik beberapa pilihan menu agar sampai ke Safe Mode.

1. Dengan mensetting di msconfig
2. Dengan mensetting di PC Setting
Bukan msconfig, caranya tekan Windows key. Ketikkan msconfig, maka akan keluar tampilan dialog "System Configuration". Masuk ke tab Boot, dan berikan centang pada Safe Boot. Pilih OK, windows minta restart, silahkan restrat komputer anda maka pada saat boot akan langsung masung ke safe mode.
Sedangkan untuk mengembalikanya ke Normal Mode cukup hilangkan tanda centang pada Safe Boot. Pilih OK.

Pada cara ke dua ini, kita akan masuk ke menu PC Setting. Menu PC Setting bisa di temukan di Charm Bar, arahkan mouse anda ke sebelah kanan maka akan keluar Charm bar. Kemuadia pilih "Setting", kemudian pilih "PC Setting", akan tampil menu PC Setting, pilih tab "General". Plih Advanced Startup kemudian pilih Restart Now. Kita akan dibawa ke menu pilihan "Choose  an option" seperti gambar dibawah ini:



Kemudian pilih "Troubleshoot", Pilih menu "Windows Startup Setting". Kemudian akan diberi petunjuk tentang apa saja yang bisa kita lakukan dengan tombol Restart. Kemudian setelah restart kamu menjumpai menu dengan pilihan angka 1-7. Pilih angka 4 untuk menuju ke Safe Mode, selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Mantaf gan.... FEAMILEYTDA

    ReplyDelete
  2. Tambahan, masuk safe mode dapat diakukan juga dengan memilih restart sambil menahan shift. semoga bermanfaat. Bro, kalau misalkan lupa password sama sekali untuk masuk Windows (bukan MS Account, tapi lokal) apakah ada solusi untuk restore password tanpa install ulang? Thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake konboot gan, atau gak pake hirens boot aja

      Delete

Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang berbau SARA akan di HAPUS / DELETE.
Komentar akan muncul setelah mendapat persetujuan dari Admin Anak Rantau.